Gejala dan Penyebab Keracunan Makanan



Dalam 5 tahun terakhir, mungkin ada 3 kali saya mengalami keracunan makanan. Perut adalah bagian tubuh saya yang paling lemah, padahal perut adalah pusat metabolisme tubuh. Apa yang kita makan menentukan kualitas jasmani dan rohani kita.

Saking pentingnya makanan, Islam benar-benar menaruh perhatian tentang apa yang kita makan, coba tengok Al-Baqarah ayat 168 dan 172-173. Atau surat Abasa ayat 24. kita dianjurkan untuk memperhatikan makanan dan hanya memakan apa-apa yang baik untuk tubuh kita. Belum lagi berbagai hadits tentang adab makan, mulai dari mulai makan, saat makan sampai selesai makan.

Di dunia  yang serba instant dan ingin segala sesuatunya serba cepat, kadang kita sebagai manusia tidak begitu memperhatikan apa yang kita makan. Seringnya, kita hanya memakan makanan yang kita suka atau makanan apa saja yang mudah di masak seperti makanan kaleng dan frozen food.

Begitulah saya, melalaikan apa yang sudah diperintahkan dan dianjurkan oleh agama saya. Walhasil, keracunan makanan sering saya alami karena kelalaian ini.

Adapun penyebab keracunan makanan secara umum adalah:
  1. makanan yang basi
  2. makanan yang bereaksi menjadi toksin bila di masak dengan alat masak tertentu,misalnya makanan yang mengandung asam tinggi akan berbahaya bila di masak dalam wadah logam
  3. makanan yang sudah dihinggapi lalat sehingga terinfeksi bakteri.
  4. reaksi kimia dari pencampuran makanan tertentu, misal makan durian dengan cola atau semangka dengan durian
  5. makan makanan yang beracun seperti pada jenis jamur dan ikan laut dalam.

Keracunan makanan yang saya alami penyebabnya berasal dari makanan yang basi dan makanan yang terinfeksi bakteri. Bila kondisi tubuh sedang tidak fit, tubuh kita akan mengalami sakit yang cukup lama. Namun bila sedang fit, kadang makan makanan yang basi hanya akan muntah saja.


Sedangkan gejala keracunan makanan menurut pengalaman saya adalah mual, muntah, buang-buang air, meriang, dan pusing.

Comments

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD

Herbal untuk demam naik turun