Tips menghindari keracunan makanan



Sebagai manusia tentu kita tidak bisa menjaga 100 persen makanan kita hygienis, tapi kita tetap bisa berusaha agar makanan yang kita makan lebih bersih dan lebih baik.
Berikut tips yang dapat saya beri berdasarkan pengalaman saya:

  1. beli dan masak makanan sendiri
  2. berdoa sebelum makan. Begitu banyaknya makanan yang sudah teracuni sekarang. Bila kita berpikir buah dan sayur adalah baik, maka belum tentu juga. Karena  banyak sayur dan buah adalah produk GMO/ rekayasa genetik, belum lagi pestisida yang digunakan dalam prosesnya maka berdoa adalah hal yang terbaik yang bisa kita lakukan agar segala makanan yang kita makan bermanfaat dan dihindari dari berbagai dampak buruk yang diakibatkan makanan tersebut. Sesungguhnya hanya Allah lah yang BerKuasa atas segala sesuatu.
  3. hindari jajan diluar yang kita tidak tahu bagaimana proses memasaknya. Jangan heran bila beberapa rumah makan tidak mencuci makanannya secara bersih. Mungkin teman pernah membaca postingan broadcast bagaimana sebuah restoran fast food terkenal memperlakukan makanan yang sebelum dimasak dengan cara yang menjijikkan.
  4. jaga kondisi tubuh dengan istirahat yang teratur, perbanyak makan sayur dan buah, serta hindari stress.

Terdengar mudah bukan? Tapi saya yakin banyak dari kita yang kesulitan mengikuti semua tips tersebut termasuk saya hehehehe...namun tetaplah berusaha sebaik yang anda bisa dan pasrahkan semuanya kepada Allah. Bila anda sudah berusaha dan masih tetap sakit, itu adalah Qadarullah dan Sunatullah sebagai seorang manusia. Ingatlah ketika sakit bahwa sakit itu adalah untuk menghapus dosa dan untuk menaikkan derajat kita. Mudah-mudahan kita dijadikan hamba yang bersabar ketika sakit dan ditimpa ujian lainnya. 





Comments

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD

Herbal untuk demam naik turun