Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD



Setelah mengalami penyakit asam lambung menahun dan gastritis yang cukup parah dan kemudian bisa bangkit lagi, ada beberapa tips yang bisa saya bagi untuk membantu teman-teman yang memiliki penyakit yang sama. Berikut adalah pengalaman saya untuk bisa pulih, namun belum bisa dikatakan 100% sembuh.

  1. Puasa
Mungkin banyak yang tidak sanggup untuk melakukan puasa. Tanamkan sugesti dalam hati bahwa puasa sangat membantu mengistirahatkan lambung dan usus serta memberinya waktu untuk menyembuhkan dan memulihkan luka . Awalnya memang sangat lemas sekali. Saya sendiri hanya tiduran saja saat awal berpuasa dan terasa amat tersiksa. Namun sekali lagi, kuatkan tekad untuk sembuh dan melawan segala sensasi yang kita rasakan. Saya sendiri berhasil berpuasa selama sebulan saat ramadhan kemudian lanjutkan lagi dengan puasa 4 hari berturut –turut ( senin-kamis) setiap minggu setelah ramadhan

  1. Makan dengan pola makan  food combining
Ketika melihat pola makan food combining, sadarlah saya bahwa selama ini pola makan saya sangat amburadul. Buah dan sayur hanya sesekali saja, sisanya adalah junk food, gorengan dan gluten yang mendominasi. Pada pola makan food combining kita akan berusaha memenuhi kebutuhan serat sebanyak 80%

  1. Tahajjud dan Dhuha
Usahakan untuk khusyu dalam sholat sehingga akan terasa ketenangan dalam hati dimana tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang membuat kita tenang dan nyaman. Perasaan ini sangat penting dalam membantu proses penyembuhan

  1. Meditasi
Tindakan menarik napas dan membuangnya perlahan juga akan membantu perasaan dan pikiran lebih tenang. Saat membuang napas, cobalah untuk mengalirkannya ke bawah pusar sehingga napas terasa lebih dalam dan panjang.
  1. senam yoga
teman dapat mencari di google tentang bagaimana caranya senam yoga untuk penderita gerd dan asam lambung. Gerakan ini sangat bagus untuk memisahkan usus dan lambung yang sering tertekan

  1. akupuntur dan bekam
akupuntur sangat baik untuk mengaktifkan syaraf syaraf yang kaku dan beku akibat asam lambung, sedangkan bekam berfungsi membantu mengeluarkan darah kotor yang mengendap dalam tubuh sehingga tubuh terasa lebih segar. Pengalaman saya, akupuntur selama 2x seminggu sangat membantu tubuh lebih cepat dalam proses penyembuhan. Sedangkan saya dibekam sebanyak 2 minggu sekali

  1. mengusahakan agar perut selalu dalam keadaan hangat
tindakan ini bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kayu putih, balsem atau minum air yang sedikit panasa sehingga perut terasa hangat. Saya sendiri sampai sekarang sering mengoleskan balsem GEL*GA ke bahu, leher dan perut karena sering terasa kaku akibat lambung yang bengkak
  1. rajin minum madu
saya minum madu saat pagi dan sebelum tidur sebanyak 2 sendok makan. Selain untuk menambah darah yang rendah, minum madu dalam keadaan perut kosong juga sangat membantu proses penyembuhan luka di lambung.

  1. minum air nabeez ( air rendaman kurma), bawang putih mentah serta suplemen Rillus
khasiat air nabeez ini sudah sangat terkenal sekali untuk membantu penyembuhan asam lambung karena sifatnya yang alkali. Selain itu juga memberi tenaga pada penderita GERD yang umumnya lemah dan tak bertenaga. Bawang putih berkhasiat melemahkan bakteri jahat yang ada di dalam usus juga mampu mengurangi lendir yang ada di dalam saluran pencernaan. Sedangkan Rillus adalah probiotik berbentuk tablet yang baik untuk pencernaan. Rillus dapat dikunyah sehari  satu sampai dua tablet dan dapat diperoleh di apotik tertentu saja.  

  1. pasrah
pasrah disini  adalah menyerahkan segala urusan kepada Yang Maha Kuasa, baik setelah berusaha untuk penyembuhan maupun masalah kehidupan lainnya. Saya mengidap penyakit ini karena belum bisa pasrah dengan segala ketentuanNya dan sering ngotot ingin membuat keadaan seperti yang saya inginkan. Bila keadaan tidak sesuai dengan keinginan, saya cenderung marah dan kesal serta menyalahkan keadaan. Jangan ditiru ya, jelas itu tidak baik. J


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Herbal untuk demam naik turun

Cara mencegah kanker dan berbagai macam penyakit