Tips Mengatasi Keracunan Makanan

Saat mengalami keracunan makanan yang pertama saya lakukan adalah :


  1. Tindakan detoks. Detoks dapat dilakukan hanya dengan minum air putih yang hangat saja. Dapat minum oralit juga untuk menjaga keseimbangan ion tubuh agar tidak kekurangan cairan. Detoks yang  saya lakukan adalah dengan minum madu setiap buang-buang air. Banyak tidak madunya tergantung dari frekuensi buang-buang air. Semakin sering, semakin banyak madu yang saya minum. Setiap habis buang-buang air, saya minum sebanyak dua sendok makan madu. Pernah selama lima hari saya hanya minum madu dan air tanpa asupan makanan lain saat keracunan makanan. Saya trauma untuk makan apapun dan hanya percaya madu. Madu baik sekali untuk perut, bila sehabis minum madu anda buang-buang air, itu adalah pertanda baik. Artinya proses detoks sedang berlangsung. Lanjutkan terus minum madu. Hal ini sesuai dengan hadits berikut :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ أَخِي اسْتَطْلَقَ بَطْنُهُ فَقَالَ اسْقِهِ عَسَلًا فَسَقَاهُ فَقَالَ إِنِّي سَقَيْتُهُ فَلَمْ يَزِدْهُ إِلَّا اسْتِطْلَاقًا فَقَالَ صَدَقَ اللَّهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيكَ تَابَعَهُ النَّضْرُ عَنْ شُعْبَةَ
Minumilah madu. Lalu laki-laki itu meminuminya madu, kemudian dia berkata lagi; Sesungguhnya aku telah meminuminya madu, ternyata sakitnya tambah parah. Maka beliau bersabda:
Maha benar Allah, & perut saudaramulah yg berdusta. Hadits ini juga diperkuat oleh riwayat Nadlr dari Syu'bah. [HR. Bukhari No.5277].

  1. Jangan minum obat pemampat buang-buang air. Buang- buang air adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Jadi bersabarlah, biarkan racun itu keluar dari tubuh dan jangan dimampatkan yang justru akan membuat racun mengendap dalam tubuh dan merusak jaringan tubuh yang lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah tetap jaga asupan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.
  2. Jaga agar tubuh tetap hangat. Frekuensi ke toilet yang terlalu sering akan membuat kita berhubungan dengan air lebih intens dan membuat tubuh terasa kedinginan. Gunakan alas kaki dan jaga agar tubuh selalu kering setelah BAB.
  3. Tetap makan sayur dan buah. Untuk buah, makanlah pisang kepok yang dapat membantu pemulihan usus dan lambung. Untuk sayur, dapat dijus atau dilumat sampai halus untuk membantu kerja lambung agar tidak terlalu banyak mengeluarkan asam lambung yang dapat memicu terjadinya BAB kembali.
  4. Hindari makan pedas, asam dan gorengan serta susu dan turunannya. Ketika terlalu sering BAB, mungkin ada lambung atau saluran pencernaan yang teriritasi, hindari makanan pedas, asam dan gorengan yang dapat membuat luka semakin meradang. Usahakan hanya makan makanan yang direbus saja seperti singkong rebus atau pisang kepok rebus.

Demikian pengalaman saya saat keracunan makanan, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu teman yang sedang keracunan makanan. Bila sakit berlanjut, hubungi dokter.

Artikel lain yang terkait :

-Tips Menurunkan Demam Tanpa ObatManfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
-  Pantangan Makanan Penderita GERD dan Kanker
-  Jadwal Pola Makan Penderita GERD
-  Gejala Penyakit GERD yang tidak disadari ( silent disease of GERD)
Tips Mengatasi Keracunan Makanan

Comments

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD

Herbal untuk demam naik turun