Gejala- gejala Penyakit GERD yang Kamu Tidak Sadari

Apakah kamu sering merasakan gejala-gejala ini?

Apakah kamu pikir kamu sehat?  Saya dulu berpikir begitu. Saya termasuk orang yang jarang sakit, tapi sekalinya kena flu bisa dua bulan tepar hehehe. Saya ngga sadar kalau sakit-sakit yang akan saya sebutkan di bawah ada alarm tubuh untuk memberitahu saya bahwa ada yang salah dengan tubuh saya. Dan itu adalah GERD aka celiac disease (luka usus/sariawan usus), atau yang lagi nge-tren aslam alias asam lambung, inilah gejala-gejalanya:

  1. gampang sakit tenggorokan dan suara parau

kalo ngomong kelamaan dan kebanyakan, makan gorengan dikiiit aja, tenggorokan saya langsung sakit. Belakangan saya baru tahu kalo asam lambung yang naik ke tenggorokan (reflux) mengikis tenggorokan saya sehingga mudah teriritasi. Walhasil, yang namanya demam dan minum antiobiotik itu langganan saya. Tapi itu duluuu sebelum pola makan saya berubah.
Sekarang sih masih gampang sakit tenggorokan, tapi alhamdulillah ngga sampai demam dan saya juga  hindarin antibiotik terus menggantinya dengan jeruk nipis dan madu.

  1. gampang sendawa dan buang angin

sendawa menunjukkan gas di perut berlebih akibat asam lambung yang tinggi, ini juga mengakibatkan rasanya badan ngga bener aja, kayak orang masuk angin melulu. Gampang pegal-pegal juga.
                                                                                                                              
  1. perut terasa penuh

makan sedikit perut rasanya langsung penuh, sering lapar, kebanyakan makan perih. Ngga nyaman banget deh. Serba salah rasanya. Makan pedas, perut rasanya langsung kembung dan perih, minum dingin rasanya langsung begah ngga bisa nafas.


  1. gampang emosi/ swing mood dan mudah tersinggung

aku bisa aja ngelucu sekarang, tapi abis itu mewek-mewek merasa diri yang paling menderita. Atau sekarang baikkk banget kayak malaikat, ngga lama kemudian galak kayak herder #eh.
Luka lambung dan usus sangat berpengaruh dalam memproduksi hormon bahagia. Kalo ada luka di situ, swing mood adalah efeknya. Dulu saya ngga ngerti kenapa saya seperti itu. Pinginnaya tuhh baiiik aja ngga pake marah-marah. Pada dasarnya saya itu orangnya baik, sabar dan selalu mengalah, tapi karena penyakit yang ajaib ini, saya jadi ketus, sensitif dan nyolot kalau ada yang bikin kesel. Ngga enak banget deh, rasanya kayak jadi alien gitu, abis jadinya kayak dijauhin orang yang terdekat gitu. Saya juga jadi jaga jarak karena khawatir melukai perasaan orang lain.

  1. kulit kusam, rambut kusam dan mudah patah, ketombean, jerawatan.

asam lambung yang mendominasi darah mengakibatkan nutrisi makanan yang dialirkan juga tercemar dengan asam yang tinggi sehingga kulit dan rambut tidak memancarkan cahayanya.

  1. paranoid, merasa melihat sesuatu di alam situ

segala sesuatu hal yang dialami gampang panik, melihat peristiwa hampir selalu dari sudut pandang negatif. Kadang suka melihat ada yang lewat sekelebat walau itu di siang hari yang cerah. Gampang ketakutan. Nah, ini nih sensasi yang paling menyiksa buat saya. Rasanya kayak setengah waras. Kalo sensasi ini lagi datang, badan rasanya lemes, ketakutan setengah mati, kepala kliyengan, pandangan mata kabur, mau kerja ngga kuat, mau tidur takut. Tidur-tiduran dihantui perasaan yang ngga jelas, duduk doang kayak ada  yang ngawasin dan pikiran malah jalan-jalan mikir yang ngga-ngga.

  1. nyeri di dada kiri atau kanan, atau kedua-duanya

asam lambung yang naik mengakibatkan sensasi heart burn. Dada rasanya seperti terbakar. Irama jantung ngga teratur. Sebelum GERD saya parah, saya ngerasain hal ini, bolak-balik cek ke RS karena khawatir sakit jantung tetapi pas diperiksa jantungnya baik-baik aja.

  1. lemes, bawaannya ngantuk aja, gampang capek

waktu saya belum sadar saya punya penyakit ini, buat saya sehari itu Cuma 12 jam. Karena bila saya sadar selama 3 jam, maka biasanya saya akan tidur juga selama 3 jam. Hidup banyak dihabiskan di tempat tidur dan rasanya ngga berguna banget. Hiks...

  1. ada selaput bayangan saat periksa thorax

saya pernah sakit batuk selama dua bulan dan ngga sembuh-sembuh, pas di rontgen, ada seperti selaput di paru-paru akibat asam lambung yang naik. Saya pernah parno mikir kalo saya TBC karena pas konsultasi di salah satu rumah sakit ternama di Jakarta, dokter langsung memvonis saya TBC tanpa disertai pemeriksaan rontgen paru. Dokter itupun langsung meresepkan saya obat paru buat sebulan. Selama 40 hari saya minum obat paru, keadaan saya bukannya membaik tetapi malah memburuk. Bener-bener dah tuh dokter, mudah-mudahan dia ngga bikin orang lain celaka dengan sembarangan memvonis dan memberi obat yang ngga sesuai penyakit. Cukup saya aja yang jadi korban.
Karena keadaan ngga membaik, barulah saya cari second opinion dan hasil rontgen menyatakan saya sebenarnya ngga TBC, hanya asam lambung yang naik ke paru. Asam lambung yang naik ke paru inilah yang mengakibatkan saya batuk ngga sembuh-sembuh selama 2 bulan.

Nah, apakah teman-teman merasakan salah satu dari gejala di atas? Kalo iya, masih belum terlambat untuk merubah pola makan dan menjauhi segala makanan yang banyak mengandung racun dan minim nutrisi. Mudah-mudahan sehat selalu ya J #hugs

Nasihat kesehatan yang sering kita abaikan
1.      jangan stres
2.      banyak makan sayur dan buah
3.      rajin olahraga
4.      istirahat cukup
            

Comments

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD

Herbal untuk demam naik turun