Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Orang Sehat Maupun Orang Sakit



Makanan merupakan sumber energi utama kita, bila salah dalam memberikan sumber energi, tubuh kita bukannya sehat, justru malah akan sakit. Dibawah adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari  baik untuk mereka yang sakit maupun yang sehat. Kenapa yang sehat juga? Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

  1. Makanan yang sudah diproses lama dan makanan beku
Makanan yang sudah diproses lama (bukan fresh) dan makanan beku sudah kehilangan nutrisi utamanya bersamaan dengan terpaparnya makanan tersebut dengan udara ( proses oksidasi). Tubuh kita perlu nutrisi yang baik agar metabolisme tubuh dapat berjalan lancar, baiknya makanlah makanan yang segar dan baru saja diproses

  1. Gluten
 Gluten adalah protein yang terdapat dalam tepung terigu. Untuk mengurai protein ini, tubuh memerlukan waktu minimal 72 jam dalam memprosesnya. Bila sebelum waktu itu habis dan kita sudah makan makanan lain, gluten yang belum selesai dicerna akan mengendap dalam usus serta menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk bakteri dan kuman. Ketika tempat tinggal bakteri dan kuman nyaman, mereka akan mudah berkembang biak sehingga melemahkan daya imunitas tubuh dan akhirnya menjadikan kita mudah sakit.

  1. Lemak dan Gorengan
 Lemak juga adalah tempat yang empuk untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Untuk mereka yang kanker, direkomendasikan untuk stop lemak dan protein hewani sama sekali agar sel kanker tidak dapat berkembang biak.

  1. susu dan turunannya (keju, yoghurt)
bagi penderita asam lambung, susu dan turunannya adalah makanan yang sulit dicerna. Sedangkan tujuan utama dalam penyembuhan GERD adalah mengistirahatkan sebisa mungkin lambung dalam memproses makanan agar gas dan asam lambung tidak meningkat tajam dalam pencernaan.
Sedangkan bagi penderita kanker, susu dan turunannya adalah makanan utama sel kanker sehingga mereka dapat berkembang biak lebih cepat.

  1. teh, kopi dan gula
teh dan kopi adalah jenis minuman yang sulit dicerna, sedangkan gula pada penderita GERD akan membuat lambung menjadi perih. Makanan dan minuman yang sulit dicerna akan membusuk dalam usus sehingga menjadi toksin dan menjadi bumerang bagi kesehatan kita.


Comments

Popular posts from this blog

Sakaratul maut, Tipes dan GERD ( Bagian 2)

Tips Penyembuhan Asam Lambung, Gastritis dan GERD

Herbal untuk demam naik turun